Oleh: zulfikri | Mei 19, 2011

Jangan Ambil Pasfoto dari Facebook….

Jangan Ambil Pasfoto dari Facebook….

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2011 melakukan kesalahan dalam mengunggah (upload) pasfoto saat melakukan pendaftaran secara online. Para peserta yang salah unggah itu diwajibkan menggantinya dengan pasfoto yang sesuai dengan ketentuan seperti pada laman www.snmptn.ac.id.

Demikian informasi itu disampaikan Panitia Lokal Bandung, Kamis (19/5/2011), di Bandung, Jawa Barat. Data di Panlok Bandung tercatat, sekitar 150 peserta mengunggah foto persis sama seperti yang biasa ditampilkan di situs jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter, dan sebagainya. Padahal, foto-foto tersebut bukanlah pasfoto untuk dokumen resmi.

“Pemuatan pasfoto yang tidak benar itu akan sangat merugikan para peserta sendiri, terutama pada saat verifikasi data oleh pengawas ujian di ruang Ujian Tertulis,” Humas Panitia Lokal Bandung Weny Widyowati.

Ia menambahkan, pasfoto yang diminta sebagai persyaratan SNMPTN 2011 adalah pasfoto yang biasa digunakan untuk dokumen resmi. Pasfoto harus memperlihatkan 80 persen bentuk wajah dengan pose formal.

Ukuran pasfoto pun harus sesuai ukuran 4 x 6 cm, maksimal 100 Kb, dengan format file JPG atau PNG, dan berwarna. Saat calon peserta mengunggah foto, terdapat aplikasi yang memungkinkan foto tersebut dapat diperbesar, diperkecil, digeser atau diputar.

“Calon peserta harap memperhatikan dan menggunakan aplikasi tersebut jika mengalami kesulitan, sehingga foto yang diunggah sesuai dengan ketentuan,” ujar Weny.

Adapun bagi peserta yang ingin memperbaiki pasfotonya saat ini dapat mengirimkan file melalui email ke snmptn_bdg@yahoo.com dengan judul email perbaikan foto, serta mencantumkan nama lengkap dan nomor ujian peserta. Cara lainnya adalah peserta dapat mendatangi Helpdesk Panita Lokal Bandung, di Gedung Rotunda (Gedung Kaca Bundar) ITB, Jalan Ganesha No 10 Bandung.

Pengumuman SNMTPN Jalur Undangan Tahun 2011

[ download format pdf ] [ download format zip ] [ baca online ]

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id

TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: