Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juli 8, 2011

Musliar Kasim Jadi Irjen Kemdiknas

Musliar Kasim Jadi Irjen Kemdiknas

PAGI INI DILANTIK DI JAKARTA

PADANG, HALUAN, 08/07/2011 Satu lagi putra terbaik Sumatera Barat mendapat kepercayaan menjadi pejabat tinggi di tingkat nasional. Jika tidak ada aral melintang, Jumat (8/7) pagi ini Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS dilantik menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) di Jakarta.

Kepastian pelantikan Musliar Kasim, 52, sebagai Irjen Kemdiknas ini berdasarkan surat yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kemdiknas RI Nomor 53073/A4.4/KP/2011 tanggal 7 Juli 2011. Pelantikan Musliar rencananya akan dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional  M. Nuh di Graha Utama, Gedung A, Lantai 3 Kemdiknas, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.

Musliar Kasim mendapat promosi jabatan tersebut atas usul Mendiknas kepada Presiden RI beberapa bulan lalu.

Pengangkatannya dengan Surat Keputusan Presiden (Keppres) sebagai Pejabat Eselon IA setelah yang bersangkutan dinyatakan lolos oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Wakil Presiden Boediono beranggotakan Mendagri, Men-PAN, Menteri Sekretaris Negara, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), serta Mendiknas sebagai menteri terkait.

Diminta komentarnya tentang promosi jabatan yang langka itu, Musliar Kasim yang kemarin sore bertolak ke Jakarta menanggapinya dengan rasa syukur. “Ini amanah yang berat dan harus dipertanggung jawabkan kepada pimpinan dan kepada Tuhan,” katanya.

“Mohon dukungan dan doa restunya, mudah-mudahan saya bisa melaksanakan tugas berat ini,” sambung guru besar yang terkenal bersahaja ini.

Promosi jabatan seorang rektor perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi pejabat eselon I di Kemen­terian Diknas termasuk capaian yang luar biasa. Karena, dalam satu periode kabinet, paling hanya satu rektor dari puluhan rektor PTN yang dapat kesempatan tersebut.

Karena itu, sejumlah kalangan yang dimintai tanggapannya atas promosi Rektor Unand ini, mengaku ikut merasa gembira sekaligus bangga dengan prestasi yang dicapai Musliar Kasim.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd., mengucapkan selamat atas terpilihnya Musliar Kasim sebagai Irjen Kemdiknas RI. “Ini merupakan kepercayaan yang harus dijalankan. Mudah-mudahan amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik,” kata Z. Mawardi Effendi MPd, yang dihu­bungi Haluan ke telepon genggamnya karena tengah berada di Manado.

Menurut Mawardi, Musliar Kasim adalah sosok yang memiliki dedikasi terhadap pendidikan. Itu dibuktikannya saat yang bersangkutan menjabat Rektor Unand. Sosok Musliar terbukti mampu menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk kemajuan pendidikan. “Saya berharap, saat menjadi Irjen, kemam­puannya tersebut dapat terus dikem­bangkan untuk membangun dunia pendidikan,” ujarnya.

Drs Irdinansyah Tarmizi, anggota Komisi IV DPRD Sumbar me­ngung­kapkan, dipercayanya Rektor Unand ini menjadi Irjen di Kem­diknas RI merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat. “Bagaimanapun, apa yang telah dicapai Pak Mus adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi masyarakat dan daerah Sumatera Barat. Beliau telah berhasil mencapai jenjang karir sebagai pejabat tinggi. Ini tentu karepemimpinan beliau sebagai rektor di Unand dinilai berhasil,” ujar Irdinansyah.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar (Sekdaprov) Drs. Ali Asmar, juga mengaku bangga dengan promosi Musliar Kasim sebagai salah satu putra terbaik daerah ini. Hal itu tentunya tak terlepas dari prestasi gemilang yang diraih yang bersangkutan selama memegang suatu jabatan. Bagi pejabat lainnya, mo­mentum promosi pejabat daerah ke pusat juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja.

“Kita bangga dengan karir yang dicapai Prof. Musliar Kasim, men­duduki jabatan bergengsi sebagai Irjen di Kemdiknas RI. Kita ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru,” ujar Ali Asmar.

Sebelumnya Pemprov Sumbar juga telah melepas salah seorang pejabat terbaiknya, Ir. Dody Ruswan­di yang kini menjadi Deputi Kepala BNPB. Jabatan yang dipercayakan pada Rektor Unand itu adalah jabatan strategis yang erat kaitannya dengan fungsi pelaksanaan penga­wasan dan pembinaan. “Semoga beliau sukses mengemban amanah tersebut,” ungkap Ali Asmar mengakhiri.

Sederhana dan Sarat Prestasi

Musliar Kasim selama ini dikenal sebagai pejabat yang sederhana namun kariernya sarat dengan prestasi. Ia lahir di Padang Ganting, Tanah Datar, pada tanggal 29 April 1958. Guru besar pertanian dan suami dari Dra. Nasni Yetti ini telah banyak menorehkan prestasi sejak masa mahasiswa.

Musliar Kasim adalah lulusan terbaik Fakultas Pertanian tahun 1983. Setelah tamat dan mengajar di almamaternya, 10 tahun kemudian Musliar terpilih sebagai Dosen Teladan Fakultas Pertanian. Pada tahun yang sama ia juga terpilih sebagai Dosen Teladan Unand.

Sebelum dipercaya sebagai Rek­tor Unand, sejumlah jabatan strategis sempat diemban oleh bapak dari tiga orang anak ini. Di antaranya sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian Unand (1994-2000), Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Unand (2000-2002), dan Pembantu Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Unand (2002-2005).

Alumnus Pascasarjana University of The Philippines at Los Banos ini terpilih sebagai Rektor Unand tahun 2005, menggantikan Prof. Dr. Marlis Rahman. Tahun 2009, ia kembali terpilih menjadi rektor untuk masa jabatan kedua. Namun sebelum ia menyelesaikan masa jabatannya hingga 2013, potensinya telah dilirik oleh Mendiknas dan diusulkan menjadi Irjen Kemdiknas.

Di bawah kepemimpinan Mus­liar Kasim, Universitas Andalas juga mencatat banyak prestasi. Di anta­ranya, sebagai PTN Terbaik II Nasional di luar Pulau Jawa (Hasil Akreditasi BAN PT); peringkat 14 Nasional dalam kriteria alumni perguruan tinggi yang paling diminati perusahaan atau Peringkat I di luar Pulau Jawa (versi Pusdata Majalah Tempo tahun 2006); universitas dengan jumlah guru besar terbanyak (130 Guru Besar/Profesor) di Sumatera (2010). Selain itu, Univer­sitas Andalas kini termasuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik di ASEAN (peringkat 26) atau pering­kat 8 di Indonesia (terbaik diluar pulau Jawa) berdasarkan survey Webome­tric per Januari 2011).


Responses

  1. Selamat menunaskan tugas baru untuk Bapak Muslihar Kasim, Semoga Allah SWT melindungi kita semua. Semenjak saya mengenal beliau kami telah menduga beliu seorang pemimpin di kemudian hari.

  2. Semoga amanah membawa kebaikan !

  3. salam buat Bapak Wamen Dikbud
    dan saya sangat terinspirasi dengan langkah2 pembenahan pada sistem pendidikan, khusunya penataan guru, sayang E,Mail Bapak saya belum diberi, mohon pa bapak . terima ksih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: