Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juli 27, 2011

Gubernur Canangkan Pesantren Ramadan

Gubernur Canangkan Pesantren Ramadan

PADANG, HALUAN-Rabu, 27 Juli 2011 — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mencanangkan program Pesantren Ramadan Sumatera Barat 1432 H/2011 M di lapangan Imam Bonjol Padang, Selasa (26/7). Pencanangan sekaligus pembacaan kebulatan tekad seluruh tokoh agama dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama bulan puasa itu dihadiri puluhan ribu masyarakat dan siswa.

“Pesantren Ramadan ini program penting untuk meningkatkan pendidikan agama anak-anak. Makanya, kita harapkan tidak saja di Padang, namun juga di seluruh kabu­paten/kota di Sumbar,” kata Irwan Prayitno usai pencanangan yang ditandai pemukulan beduk bersama. Diawali oleh Gubernur, Wakil Walikota Padang Mahyeldi, Kepala Kemenag Sumbar Darwas serta Muspida Sumbar dan Padang. Gubernur mengharapkan pelak­sanaan pesantren ini semakin bagus dan terpro­gram, sehingga terjadi pemerataan peningkatan kualitas pendidikan agama di seluruh daerah. Irwan juga mengimbau orang tua untuk mendorong anak-anaknya mengikuti pesan­tren ini.
Sementara itu, Wakil Walikota Padang, Mahyeldi mengatakan, untuk Kota Padang pesantren Ramadan tahun ini merupakan yang ke-7. Pelaksanaannya makin bagus dengan melibatkan seluruh guru dan tokoh masyarakat, sehingga ketika pesantren digelar di seluruh masjid dan musaala, berbagai pihak di lingkungan juga ikut berperan.
Menyikapi waktu pesantren dengan proses belajar mengajar di sekolah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sumbar Syamsulrizal sebelumnya menjelaskan, proses belajar mengajar tetap dilaksanakan selama Ramadan, namun teknis pelaksanaanya diserahkan ke masing-masing kabupaten kota.
Libur 10 Hari
Syamsulrizal menambahkan, jadwal libur pada Ramadan dan lebaran Idul Fitri nanti hanya 10 hari. Pembagian waktu 10 hari libur itu diserahkan ke masing-masing kabupaten/kota. Misalnya, jatah 10 hari itu dibagi 2 hari libur pada awal puasa, kemudian 8 hari saat lebaran nanti.
“Jatah 10 hari libur cukup untuk bersi­latur­rahmi dengan keluarga dan kerabat serta menikmati hari kemenangan Idul Fitri nanti. Saat bulan puasa, kita mengimbau proses pendidikan tetap optimal, terutama bagi kelas akhir yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) nanti,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: