Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juli 30, 2011

Bill Gates: Ijazah Saja Tak Cukup

Bill Gates: Ijazah Saja Tak Cukup

Gates mengatakan, ia percaya perguruan tinggi mesti “jadi tujuan untuk hampir semua orang”. Namun, orangtua, guru, dan seluruh masyarakat perlu membantu membuat semua peluang itu terwujud.

 BOSTON, KOMPAS.com — Ijazah sekolah saja tak cukup untuk menjamin gaji bagus dan pekerjaan yang paling menarik, kata pemimpin Microsoft Bill Gates, yang memilih meninggalkan Harvard University untuk membangun perusahaan komputernya.

“Setiap siswa memerlukan mandat yang berarti di luar sekolah,” kata Gates, yang berbicara pada konferensi pendidikan dan lapangan kerja yang digelar oleh kelompok hak sipil National Urban League.

“Pendidikan tinggi penting untuk mendapatkan pekerjaan,” kata Gates, sebagaimana dikutip Reuters Life!, yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat (28/7/2011).

Ia menambahkan, pendidikan adalah penyeimbang dalam masyarakat dan penting untuk membawa kembali orang Amerika ke pekerjaan dan dalam memerangi kemiskinan.

Gates mengatakan, ia percaya perguruan tinggi mesti “jadi tujuan untuk hampir semua orang”. Namun, orangtua, guru, dan seluruh masyarakat perlu membantu membuat semua peluang itu terwujud.

Meskipun tak menamatkan pendidikan tahun ketiganya, Gates memberi penghargaan kepada pendidikannya sendiri, orangtua yang mendukung, dan guru yang luar biasa dalam keberhasilannya.

Memiliki guru yang paling efektif di dalam ruang kelas dan memanfaatkan praktik terbaik mereka guna membantu guru lain berkembang sangat penting untuk membuat itu jadi kenyataan, katanya.

Peningkatan guru mesti mencakup umpan-balik dari sebaya mereka dan siswa, dan dalam kondisi tertentu untuk meraih nilai, dan bahkan ulasan video dari ruang kelas, kata Gates.

Gates, yang mengatakan sekolah yang bagus dapat tersedia di lingkungan paling miskin sekalipun, merujuk kepada beberapa sekolah yang melaksanakan kegiatan dengan uang yang lebih sedikit, tapi hasil yang lebih bagus.

“Ini bukan masalah melemparkan uang guna mengatasi masalah,” kata Gates.

“Itu adalah mengenai cara para guru dipilih. Itu mengenai cara para guru didorong. Itu mengenai kebudayaan sekolah, harapan tinggi,” ujarnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: