Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | September 17, 2011

Mis Konsepsi Mencair Es di Kutup akan Menenggelamkan Pulau

Mis Konsepsi
Mencair Es di Kutub akan Menenggelamkan Pulau

Oleh : Desmalinda,M.Pd
Guru SMAN 10 Padang

Isu tentang peningkatan suhu bumi selalu di lancarkan dan dibarengi dengan pencairan es di kutub dan dikomentari pencairan es akan menyebabkan beberapa pulau akan tenggelam. Pernyataan inilah salah satu mis konsepsi tentang es yang terapung di permukaan air, tapi slalu di dengungkan, kenapa saya bilang miskonsepsi? karena tidak sesaui dengan kenyataan dan hukum fisika tentang fluida gaya apung oleh Archimedes.
Menurut hukum archimedes Gaya apung/ gaya keatas adalah jika benda dicelupkan/tercelup kedalam zat cair sabagian atau seluruhnya maka benda tersebut mendapat gaya keatas sebesar berat benda yang dipindahkan. artinya jika ada benda yang terapung di atas zat cair maka volume benda yang tercelup ke dalam zat cair itu sama dengan volume yang dipindahkan oleh benda ke zat cair, artinya lagi jika ada es yang terapung di atas air, maka jika es mencair volume es mencair tidak akan menambah volume air karena volume es yang mencair menempati volume es tadi.

Hal ini dapat di buktikan dengan percobaan sederhana, ambillah segelas air masukkan es kedalam air sampai es dapat terapung diatas air, sehingga dapat membentuk gunung es dalam gelas yang berisi air. Pastikan air pas penuh sampai bibir gelas dan es ada yang terapung di atas gelas. Biarkan semua es mencair, maka amatilah apa yang terjadi? jika semua es sudah mencair tidak ada Volume air yang tumpah dari gelas akibat mencairnya es tersebut.
Maka andaikan memang terjadi peninggkatan suhu di bumi dan kutup Es mencair maka volume air di bumi tidak akan bertambah, karena volume air itu menempati volume es yang sudah mencair, permukaan air laut tidak akan naik walaupun es di kutup mencair, jadi tidak ada pulau yang akan tenggelam akibat kutup es mencair. Jadi yang didengungkan selama ini oleh global warming ini kurang tepat.
Demikian shering singkat saya, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: