Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 4, 2010

Yayasan Beasiswa Minangkabau, Siapkan Milyaran Beasiswa

Yayasan Beasiswa Minangkabau, Siapkan Milyaran Beasiswa

INFO UNTUK ANDA
Anda ikut tes CPNS atau tes mendapatkan beasiswa
S1 dan S2 ?
Miliki dan baca e-book soal-soal dan panduan TPA berikut :
[ KLIK DISINI ]

padang-today.com. Kebijakan pembangunan di bidang pendidikan pasca gempa 30 September 2009 lalu di Sumatera Barat, lebih difokuskan pada pemberian beasiswa. Selian itu juga dilakukan rehabiltasi terhadap 1.078 unit sekolah dan 5.712 ruang kelas yang rusak. Kondisi ini sejalan dengan program dan kegiatan yang telah disusun oleh Pemerintah Provinsi untuk merealisasi beasiswa bagi anak kurang mampu di luar Bantuan Operasional Sekolah ( BOS).

Ini disampaikan Gubernur Marlis Rahman saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan Yayasan Beasiswa Minangkabau dan Peluncuran Buku 101 Orang Minang di Pentas Sejarah. Bertempat di Auditorium Gubernuran, Minggu (1/7/2010).

Hadir dalam kesempatan itu Mendagri Gamawan Fauzi, Ny Vita Gamawan, Gubernur Sumbar Marlis Rahman, Plt. Sekdaprov Mahmuda Rivai SH MM, Ketua Penggerak PPK dan BKOW Sumbar Wiwik Marlis, Ketua DPRD Sumbar Ir Yulteknil MM, Bupati Walikota se-Sumbar dan lain sebagainya.

Lebih lanjut Marlis Rahman menyampaikan, dengan keterbatasan anggaran yang tersedia di APBD Sumbar 2009/2010, telah dialokasikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa miskin, mahasiswa tugas belajar ke timur tengah, beasiswa untuk dosen S2 dan S3 serta untuk guru kualifikasi S1.

“Dalam tahun anggaran tersebut, telah disalurkan bantuan beasiswa untuk 304 orang mahasiswa kurang mampu sebesar Rp. 4,6 milyar dan bantuan beasiswa 86 mahasiswa ke Timur Tengah dengan dana Rp1,7 milyar. Bantuan beasiswa Dosen S2 dan S3 berprestasi 410 orang dengan dana Rp11,9 milyar. Meningkatkan kualifikasi guru S1 dan S2 untuj 1.485 orang guru dengan dana Rp7,32 milyar. Juga telah didistribusikan bantuan beasiswa untuk 41.000 orang siswa SMP berprestasi dengan alokasi dana Rp12,3 milyar, “katanya.

Marlis Rahman menambahkan, Pemrov juga telah mendistribusikan bantuan beasiswa bagi murid SMP, SMA dan SMK dari dana APBN tahun 2000/2010 untuk 141.880 orang dengan dana Rp66,4 milyar. (*)

Gamawan : Jangan Sampai ada Anak Sumbar tak Sekolah

Pengagas dan pendiri Yayasan Beasiswa Minangkabau, H. Gamawan Fauzi yang saat ini menjabat Mendagri menyampaikan, dari data Dinas Pendidikan Sumbar 12 persen siswa-siswi SMP Sumbar memiliki IQ diatas 120.

“Ini menandakan sebuah potensi SDM yang patut kita dorong untuk berkarya lebih lebih baik lagi. Sebagai anak nagari Ranah Minang, ada rasa berdosa kita jika anak-anak generasi muda Sumbar tidak dapat melanjutkan pendidikan dengan alasan kemiskian atau tidak memiliki biaya,” katanya.

Dikatakannya, Saat ini Sumbar berada pada zona perkembangan ekonomi yang kurang menguntungkaan. “Selain itu potensi SDA kita amat terbatas dan sangat rawan jika dieksploitasi, karena alam kita merupakan salah satu penyanggah kehidupan di dunia,” kata mantan Bupati Solok itu.

Ditambahkannya, dari dulu kita melihat dan mengetahui dari sejarah, orang-orang Minang lebih besar dianugrahi dengan SDM yang hebat. “Begitu banyaknya bukti tokoh-tokoh dari Minang yang sukses di pentas nasional maupun dunia. Oleh karena itu kita mesti selalu fokus terhadap dunia pendidikan, maju mundurnya orang Minang juga dipengaruhi oleh kemajuan dunia pendidikan di daerah ini,” katanya.

Gawaman Fauzi menyebutkan, kehadiran Yayasan Beasiswa Minangkabau ini bertujuan untuk membantu anak-anak cerdas Sumbar untuk terus melanjutkan pendidikannya. “Jangan sampai ada anak-anak Sumbar yang tidak bersekolah.”

Yayasan Beasiswa Minangkabau yang memiliki dana abadi Rp50 miliar ini didapat dari hibah penggabungan PT Rajawali dengan PT Semen Padang untuk pembangunan Sumbar.

Berita Terkait :


Tanggapan

  1. adakah kuga beasiswa untuk S2? saya Evi Endriani Jabar, Guru SMA Negeri 2 Padang. Alhamdulillah saya berhasil lulus tes S2 UI konsentrasi psikologi SDM.Sekarang saya sudah mulai kuliah ternyata biayanya cukup besar. Adakah beasiswa yang bisa saya dapatkan?

  2. saya mau nanya donk pak ?
    saya butuh sponsor beasiswa ke luar negeri, sekitar 2 rb dolars..
    bisa gak ya?
    081374499178 nmr saya pak, terima kasih
    syaratnya apa aja ..

    trims

  3. ASS…………
    Pak kami ingin bertanya apakah ada beasiswa bagi siswa yang kurang mampu bagi siswa SMK Negeri 1 sawahlunto
    Terima kasih pak Walaikum salam

  4. aslm..
    pak.. ada yang kan saya tanyakan ..
    bagaimana cara agar kami bisa dapatkan beasiswa? berhubung kuliah di luar negri mahal.. mohon bantuan nya y pak.. mksi

  5. ass.. saya mahasiswa universitas negeri padang,
    alhamdulillah saya merupakan mahasiswa berprestasi, saya pernah mewakili sumbar ke nasional dalam lomba LKS.
    apakah saya bisa mendapatkan beasiswa ini pak?
    saya mahasiswa kurang mampu,
    bagaimana caranya saya mengjukan permohonan beasiswa ini pak?
    no hp : 081947615391

  6. terimakasih pak?

  7. assalam pak direktur,,,saya mahasiwa dari kampus STKIP PGRI SUMBAR<apakah ada beasiswa untuk mahasiswa perguruan swasta seperti kami ini…?

  8. 0hya pak, bagaimanakah prosedur pengajuan beasiswa d pt semen padang pak,,,terima kasih…

  9. assalaimulaikum,
    bagiman cara mendapatkan beasiswa tersebut? saya rhyan mahasiswa unp padang?

  10. aslm.pak saya RONI Mahasiswa IAIN IMAM BONJOL PADANG,bagaimana ya pak cara mendapatkan beasiswa tersebut pak
    apakah saya bisa mendapatkan beasiswa ini pak?
    saya mahasiswa kurang mampu,
    bagaimana caranya saya mengjukan permohonan beasiswa ini pak?

    no hp : 08363251732

  11. ada beasiswa untuk S2 ga pak?
    saya tamatan sarjana teknik kimia,,,,,,,,,,,,
    kalo ada saya ingin menggunakan kesempatan peluang ini.

    terimakasih

  12. asslmkm pak,,,
    saya restia gustiana Mahasiswa UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
    bagaimana saya bisa dptkn beasiswa ini,,karena saya orang yang kurang mampu,,
    apalagi sejak gempa th 2010 kmren..yg telah meluluh lantakan rumah saya dan sekitarnya,,,ditambah penghasilan ortu saya semakin menipis,,,
    Mohon Bnatuannya pak,,,
    saya sangat mengharapkan beasiswa ini,,,
    no hp: 085274532469/087771914093

  13. ass pak,, saya mahasiswa poltekkes depkes padang prodi DIII kebidanan???
    Adakah beasiswa untuk saya dengan jenjang pendidikan D III ini pak???
    bagaimana cara mengajukan ny pak?
    Terima kasih.

  14. assalam, wr,wb… pak kapan program beasiswa S2 di mulai lagi pak.. saya guru bahasa inggris di bukittinggi. ingin mencoba untuk melanjutkan kuliah ke S2.. mohon penjelasannya ya pak.. terima kasih

  15. assalamu’alaikum pak…
    saya dari kebidanan depkes padang..
    bagaimana cara mengajukan permohonan beasiswa, kemana diajukan? dan apa saja yang perlu dilampirkan…
    padahal khn poltekkes depkes ini satu-satunya poltekkes negeri di sumbar..kok gak ada beasiswa?
    terima kasih…!!

  16. klw untuk mahasiswa yang kuliah di luar sumatra barat gmna pak??

  17. klw untuk mahsiswa yang kuliah di luar sumtra barat gmna pak prosedurnya?

  18. ass,,
    pak Saya mahSiswa UNP
    tp sayang d kampus kami tdk memberikan beasiswa untuk anak jalur Non reguler
    saya mohon,, bagaimana supaya saya bisa mendapatkan beasiswa ini.
    terima kasih
    mohon infonya ya pak
    085274308600

  19. ass bapak,
    pak saya mahasiswa UNP,
    adakah beasiswa propinsi untuk kami?
    kalau ada bagimana caranya pak?

    wassalam

  20. Ass pak..saya mahasiswa UNITAS Padang, saya sudah berumur 30 th dan sudah berkeluarga dan bekerja..namun indeks prestasi saya di atas 3,5 ..apakah saya bisa mendapatkan beasiswa juga…setidaknya menggratiskan uang kuliah saya ..terima kasih pak…

  21. Assalamu’alaikum……
    Pak, saya Mahasiswa Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, saya asli dari Sumatera Barat. Saat ini saya telah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan dengan IPK sementara 3,4. Saat ini sedang menyusun proposal tesis saya yang mengangkat tema “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat Pasca Desentralisasi Kekuasaan dan Otonomi Daerah”. Saya terkendala dalam masalah finansial, bagaimana prosedur pengurusan beasiswanya pak…
    Terima Kasih banyak sebelumnya, Pak…

  22. assalamu’alaikum wr. wb
    pak saya NIKE, saya Mahasiswa universitas negeri padang (UNP),bagaimana ya pak cara mendapatkan beasiswa tersebut pak,?
    apakah saya bisa mendapatkan beasiswa ini pak?
    saya mahasiswa kurang mampu,,,!!!
    bagaimana caranya saya mengajukan permohonan beasiswa ini pak?
    mohon di balas ya pak

    terima kasih pak ..

    wassalam

  23. aslmkum…… pak saya mahasiswa stkip padang apakah kami jga dapat beasiswa ini pak…. memng kami swasta bagaimna caranya saya bisa dapat beasiswa ini pak..mohon di bantu pak,,,saya mahasiswa kurang mampu pak…keingin saya untuk kuliah ini sangat tinggi pak,,mohon pertimbngan pak…saya ingin membantu orng tua meringan kan biaya pak,,tolong pak

    wassalam… terima kasih pak
    085375915546

  24. assalamu’alaikum wr.wb
    pak saya salah satu mahasiswa sumbar yang sedang menimbah ilmu di salah satu PTN di RIAU.Beasiswa ini ada penjabwalan waktu pembukaan pengurusannya ngak pak…???

  25. pak ada beasiswa untuk jenjang S1 PTS .

  26. assalamu’alaikum… apa kabar saudar/i semua..semua baik saja..ada ga beasiswa buat s1 ?

  27. ada ga beasiswa buat s1 pendidikan agama pak?

  28. pak saya mahasiswa STAIN Batusangkar prodi s1 BK,apakah ada beasiswa utk pendidikan saya pak..?gimana cara mengajukannya pak…

  29. pak apakahn ada dana beasiswa untuk anak yatim di STKIP PGRI SUMBAR
    klo bisa bapak bantu saya yang kurang mampu ini.
    untuk meneruskan S1 saya….

  30. ass pak…. saya melonia arizona…saya siswa smp 8 payakumbuh…
    saya mau nanya, apakah ada beasiswa untuk SMP pak..?
    mohon balasanya pak…
    ne nomor saya pak 083180339641…

  31. saya, siska novrima sari
    mahasiswa D3 Kebidanan poltekkes kemenkes padang,
    apakah ada beasiswa untuk D3 kebidanan dari program beasiswa dari semen padang?

  32. pak saya maha siswa IAIN bagai mana cara mendapatkan beasiswa, tolong berika informasinya

  33. assalamualaikum pak. pak saya mahasiswa IAIN
    nama : melgi ardi
    jurusan ; Perbandingan Agama

    bagaimana cara mendapatkan beasiswa pak. alamat email yang bapak kirim di atas tidak terbuka

    . maaf pak. 082387510207

  34. Assalamualaikum wr.wb pak………….
    pak apakah ada beasiswa untuk saat ini bagaimana cara mendapatkannya
    saya frizka mahasiwa unp……saya berasal dari keluarga kurang mampu pak dan punya keinginan untuk tetap kuliah,mohon di bantu pak…
    makasih sebelumnya pak

  35. assalamu’alaikum pak,,,
    pak saya meri mahasiswa poltekkes kemenkes RI padang pak,
    pak bagaimana saya bisa mendapatkan beasiswa ini pak ?
    bagaimana prosedurnya pak ? saya sangat butuh beasiswa utk saya kuliah pak, orangtua saya tidak mampu lgi pak, saya sangat mebutuhkannya pak, alhamdulillah IP saya sampai smester sekarang slalu di atas 3 pak, insyallah akan saya pertahankan,,
    mohon bantuannya pak,, terimakasih sebelumnya pak,

  36. selamat siang pak,,
    nama: fati huta rahmi,, saya ingin mengajukan beasiswa ke pemerintah padang pak, sekarang saya kuliah di Universitas Nurtanio Bandung pak, jurusan teknik penerbangan pak,, IP saya 3 ke atas pak, saya ingin memajukan sumbar di era dunia penerbangan pak, ,dan saya akan bersungguh2 untuk belajar disini pak, , seperti yang kita ketahui dunia penerbangan sudah semakin maju pak, mohon bantuannya pak, terimakasih pak,selamat siang,

  37. assalamualaikum, bapak yang saya hormati, saya nur salah seorang warga padang yang kebetulan kuliah dipulau kalimantan, saya memiliki 3 orang adik yang juga masih mengenyam pendidikan di sumbar, dengan keterbatasan yang kami miliki kami tetap melanjutkkan pendidikan. penghasilan orang tua kami kurang mencukupi, apakah saya atau salah seorang dari kami berhak atas beasiswa tersebut pak?
    terima kasih

  38. assalamualaikum wr wb…
    perkenalkan
    nama saya tris madona,saya kuliah di universitas riau.saya berasal dari sumbar.
    dengan mengetahui beberapa informasi mengenai beasiswa ini…saya berharap beasiswa ini masish ada untuk tahun2014-2015
    n mohon infonya lebih lanjut agar saya bisa meraih beasiswa ini.terimakasih :)

    wasslm. . .

  39. Assalamualaikum wr wb, perkenalkan nama saya molly mery yenti mahasiswi dari poltekkes kemenkes padang prodi DIII-keperawatan padang, saya mau bertanya apakah ada beasiswa untuk kami mahasiswa poltekkes kemenkes padang pak? terimakasih pak

  40. assalamualaikum pak,saya mahasiswa di iain bukittinggi semester 5 pmtk,,saya maw tanya pak apakah ada beasiswa untuk mahasiswa semeter 5 skarang pak,,tlong informasinya ya pak, karena saya sangat membutuhkannya pak…. terimakasih

  41. assalamualaikum.. pak saya mahasiswa STIE KBP Padang, saya sangat membutuhkan tambahan biaya untuk melanjutkan kuliah saya pak , saya sekarang baru semester 4 pak, saya butuh biaya tersebut pak karena saya berasal dari keluarga kurang mampu,, mohon infonya agar saya dapat mendapatkan biaya siswa tersebut..
    terimaksih pak, assalamualaikum..


Tinggalkan komentar

Kategori